Kamis, 27 November 2014

Kenapa mac address harus diketahui?

Perlu diketahui, arsitektur utama TCP/IP dan jaringan umumnya mengadopsi model OSI. Dalam model ini, fungsi dari jaringan dibagi menjadi beberapa layer. MAC Address bekerja pada layer data link ( layer ke 2 dalam model OSI). dengan begitu, komputer atau host sudah bisa di indentifikasi lewat nomor unik MAC Address nya di dalam sebuah jaringan pada tingkat yang relatif rendah.

MAC Address dan IP address bekerja pada layer yang berbeda di model OSI. MAC bekerja pada layer 2 dan IP pada layer 3. Ini hanyalah sedikit perbedaan yang mana IP Address bekerja pada implimentasi software dan MAC Address berimplimetasi pada hardware. MAC Address yang tertera pada sebuah perangkat adapter umunya tidak bisa dirubah dan selalu berhubungan dengan perangkatnya. sedangkan IP address dapat diganti dari setiap device ke device yang lainnya dalam suatu jaringan

MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.

Jadi jika tidak ada mac address atau tidak diketahui, maka pembacaan layer pada OSI model akan terhenti pada layer ke dua dan komputer kita tidak akan bisa terhubung ke jaringan.

Tidak ada komentar: